Make up??? Ga masalah !!!


Sahabat Corner yang dicintai Allah khususnya untuk para wanita. Make up adalah salah satu kewajiban dan sudah seperti keharusan. namun menurut para Muslimah, make up adalah sebuah keajaiban. Bagaimana tidak ? dengan make up, pipi yang chubby bisa dibuat lebih tirus. dengan make up, mata yang sayu bisa dibuat lebih berbinar dan indah.dengan make up pula, bibir yang tipis bisa tampak lebih berisi dan menarik. tak mengherankan, sebagian muslimah kerap membawa makeup kit di dalam tas nya, kemanapun mereka pergi. ya, mereka senantiasa membawa make up, mulai dari yang sederhana (seperti bedak plus lipstik) sampai 1 set peralatan make up lengkap.

Apa sih fungsi make up sesungguhnya??

ternyata Fungsi make up itu macem-macem diantaranya yaitu,
1.make up kesehatan, artinya make up yang digunakan hanya sebatas melindungi kulit agar tetap sehat tanpa harus mengubah kealamiannya. selain itu, bagian-bagian yg di gunakan pun tergolong sederhana dan aman.
2. make up kecantikan, artinya make up yang fungsinya tidak lagi sebatas perlindungan dan perawatan, tetapi sudah berfungsi sebagai penambah kecantikan dan pastinya mengubah kealamian kulit yang diberikan make up tersebut . harganya sudah dipastikan hanya dijangkau oleh kalangan tertentu.
3. make up berbahaya, artinya bahan yang digunakan mengandung zat-zat tertentu yang membahayakan. baik fungsinya sebatas melindungi atau menambah kecantikan.

Bagaimana hukum menggunakan make up dalam islam ?

make up kesehatan, sudah jelas tidak menjadi masalah berdasarkan tinjauan fiqih islam karena tidak terdapat unsur-unsur yang melanggar syar'i ataupun medis. make up jenis ini bahkan dianjurkan karena seorang muslimah harus terlihat sehat dan segar 
make up kecantikan, status halal-haramnya atau boleh tidaknya bergantung pada syarat2 berikut :
1. tidak ada unsur menyambung rambut, baik rambut kepala ataupun bulu mata
2. tidak ada unsur bertato
3. tidak ada unsur mencukur alis
4. tidak ada unsur buka aurat

keempat syarat ini wajib terpenuhi, bila tidak dipenuhi meskipun hanya salah satu di antaranya, make up jenis ini menjadi terlarang 
make up berbahaya, sudah jelas dilarang dalam islam. jangankan memakai dalil naqli ( Al-quran dan As-Sunnah), secara aqli (rasio) pun sudah selayaknya dijauhi sebab penggunaan bahan berbahaya pasti akan mendatangkan banyak kemadharatan.

Semoga ini dapat menambah ilmu dan wawasan kalian ya sahabat corner :-)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Make up??? Ga masalah !!!"

Posting Komentar